Sebuah Nama   3 comments

Pada akhir tahun 2008, Bandung Blog Village mengadakan rangkaian event bernama “Bandung Blog Vaganza”. Event ini tadinya hanya akan berisi lomba blog antar SMA, karena waktu itu memang jarang sekali ada lomba blog untuk tingkat SMA. Tapi dalam perkembangannya, akhirnya event tersebut menjadi rangkaian event yang berisi workshop, pengenalan mading online kepada siswa SMA dan lomba blog.

Event itu bisa dikatakan cukup sukses. Selain berhasil mengantarkan para juara lombanya ke WordCamp Indonesia di Jakarta yang dihadiri juga oleh Matt Mullenweg, founder WordPress, event ini juga menghidupkan aktivitas di komunitasnya sendiri. Rencana jangka panjang pun telah disusun untuk melestarikan dan  meningkatkan kegiatan ini.

BBV at Ngumbar Onliners, Grand Preanger

Tapi pada akhirnya, kita malah kembali disibukkan oleh kesibukan kita sendiri. Bandung Blog Vaganza pun jarang dibicarakan lagi.

Sampai pada akhirnya, kita diundang untuk menghadiri sebuah acara silaturahmi antar onliners yang bernama “Ngumbar Onliners” di Hotel Grand Preanger. Acara ini sendiri katanya merupakan acara inagurasi dari program Telkom yang bernama “Blog Vaganza”. Loh, kok namanya mirip yah? Ya memang begitulah keadaanya. Program Blog Vaganza ini berisi pengenalan blog kepada SMA-SMA di Bandung, dengan cara mendatangi sekolah-sekolah tersebut.

Bisa dikatakan, selain namanya mirip, konsepnya juga mirip. Dari situlah, pihak BBV merasa idenya ada yang “nyontek”. Tapi tentu saja kita tidak bisa mengklaim apa-apa, toh nama tersebut tidak kita patenkan. Apakah memang sebegitu sulitkah mencari nama untuk sebuah kegiatan, sehingga bisa sampai “mirip” begitu?

Dan pada acara Ngumbar Onliners itu, kita dan pihak Telkom pun setuju untuk membicarakan hal ini. Pihak dari Telkom pun menyatakan bahwa mereka benar-benar tidak ada niat untuk “plagiat” dan menyatakan bahwa nama tersebut memang dari ide mereka sendiri. Tapi kan tetap saja nama itu pernah dipakai untuk event BBV. Nah kalau nanti BBV mau mengadakannya lagi, jadi kita yang harus mengganti nama? Soalnya nama tersebut sudah menjadi ambigu, apakah ini acaranya Telkom atau  BBV.

Masalah ini pun masih tetap didiskusikan di milis. Semoga tidak berlarut-larut dan menemukan jalan keluar terbaiknya.

Saran: ketika memilih nama event, baiknya melakukan riset dulu, karena BBV pun melakukan hal yang sama. :)

About these ads

Posted 26 September 2010 by Rizal in Event

Tagged with , , , ,

3 responses to “Sebuah Nama

Subscribe to comments with RSS.

  1. Mengapa dinamakan Bandung Blog Vaganza? Karena kalau disingkat jadi BBV, bukan TELKOM.

    Jelas?

  2. Jadi sekarang kita semua paham betul kan kenapa Maverick mendaftarkan trademark PB? Hehehe

    Semoga cepat selesai masalahnya dan event BBV bisa jalan lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 30 other followers

%d bloggers like this: