Ujian On-LAN   3 comments

Besok, tepatnya hari senin, gw dihadapin dengan tiga ujian sekolah sekaligus. Yang pertama pelajaran database

Ujian kali ini pun berbeda ama ujian yang biasanya, karena pake sistem LAN. Jadi, laptop guru gw bertindak sebagai server, dan komputer-komputer yang dipake buat siswa dijadiin client. Aplikasinya sendiri berbasis web, jadi harus pake browser. Nama aplikasinya adalah Global Test Center. Katanya sih bikinan dia sendiri. Setiap soal dikasih bobot dan waktu pengerjaannya sendiri. Misalnya, soal nomor satu rada susah, jadi guru gw nyeting waktunya 2 menit, tapi mungkin bobot nilainya lebih gede. Urutan soal yang dikasih ke siswa beda semua. Jadi, ga bisa nanyain soal nomor satu ke temen sebelah, karena soal nomor satu gw ma dia pasti beda. Ribet yah? Emang!

Gw pun nyalain komputer, cari-cari bahan yang bakal dipelajarin. Yang gw pelajarin cuman yang pelajaran ICBL, soalnya ini yang paling susah. Susahnya pun bukan gara-gara pelajarannya yang susah, tapi gurunya yang suka bikin soal diluar materi yang udah dikasih. Hehe, itulah sekolah gw. Dan akhirnya gw pun belajar ampe jam 1 an. Gw belajar sampe bab 5, coz gw dah ga kuat lagi.

Karena waktu itu lagi bulan puasa, gw pun bangun jam setengah 4 an buat sahur. Beres sahur, gw malah smsan ma kecengan gw ampe jam setengah 7 an. Ujian mulai jam 8, jadi gw bisa tidur bentar ampe jam 7, trus mandi, baru berangkat ke sekolah jam setengah 8 an. Dan akhirnya, gw pun tidur pulas.

Setelah bangun, gw langsung bawa handuk n pergi ke kamar mandi. Pas liat jam di ruang tamu, gw ga percaya apa yang udah gw liat. Sekarang udah jam 08.45!!! Gw dah telat banget. Masih blum percaya ama yang gw liat, gw liat jam yang ada di kamar ortu gw. Ternyata sama, jam 08.45! Gw pun langsung lari ke kamar mandi, dan buru-buru buka baju. Tapi dipikir-pikir, kalo misalnya gw mandi, gw bakalan lebih telat. Alhasil, acara mandi gw batalin. Gw langsung balik ke kamar trus pake seragam. Masa bodo ah ada yang ngatain gw bau juga, hehe.

Setengah jam kemudian, gw nyampe di sekolah. Heran, temen-temen sekelas gw masih pada nongkrong diluar. Gw pun langsung gabung ma mereka dan ngobrol ma si Kiki.

Kiki: “Jal, jam berapa sekarang?”

Gw: “Paling juga jam 9 lebihan lah.”

Kiki: “Ah, ga mungkin. Paling juga jam 8 an. Si Pak Deni kok lama yah?”

Gw pun akhirnya ngecek jam hape gw. Gw kaget banget, soalnya masih jam 08.07! Kok bisa gini yah? Padahal tadi dua jam di rumah gw nunjukin jam 08.45. Masa ampe salah liat jam 2 kali. Sial. Geblek. Gw ampe ga mandi gini.

Gw: “Ki, tau ga?”

Kiki: “Ngga.” (dengan tiisnya).

Gw: “Bentar, gw belum ngomong, kebo! Tadi gw dirumah salah liat jam. Gw pikir waktu itu udah jam 08.45. Gw ga sempet liat jam hape, keburu panik.”

Kiki: “Trus?”

Gw: “Gw belum sempet mandi.”

Kiki: “Bego lu.”

Dan akhirnya, guru yang ditunggu pun datang. Kita pun langsung ke ruang komputer di lantai 2. Satu kelas dibagi menjadi 2 kelompok. Gw termasuk kelompok 2, jadi ujiannya belakangan.

Pas kelompok 1 ujian, gw diluar kelas baca-baca catetan. Lumayan sih banyak materi yang masuk, soalnya selalu tiap ada pertemuan gw catet semua yang penting, terkait cita-cita gw pengen jadi DBA (Database Administrator) dan pengen dapet sertifikasi Oracle. Hehe. Makanya gw tertarik banget ma pelajaran ini.

Anak-anak kelompok 1 pun beres. Mereka langsung pada ditanya ma anak-anak yang nungguin diluar soal apa aja yang keluar. Banyak yang ga lulus ternyata. FYI, dalam sistem ujian ini, nilai bisa diliat langsung. Batas kelulusannya sendiri 70.

Akhirnya, giliran kelompok gw tiba. Gw milih tempat duduk paling belakang, jaga-jaga aja takutnya gw kepepet terus bisa nanya ke temen. Masing-masing siswa dikasih password buat login ke aplikasinya. Gw kebagian password “nelayan”. Gatau maksudnya apa. Jangan-jangan ini semacam ramalan masa depan. Berarti, ntar gw jadi nelayan dong! Ngarang.

Satu per satu soal pun muncul. Kalo gw ga buru-buru jawab, bisa-bisa soal ntu kelewat dan ga dinilai. Tapi perasaan ini soal gampang-gampang aja. Semuanya dah pernah diajarin. Pas selesai jawab pertanyaan terakhir, hasil ujian pun langsung keluar dari layar monitor:

Username: Mohamad Noor Rizal

Nilai: 93 Salah: 1

Alhamdulillah, gw dapet nilai 93! Tapi gw ga langsung ngerayain ini, takutnya ada yang lebih gede nilainya daripada gw. Pas keluar dari ruangan, anak-anak pun nanyain nilai gw. Dan pas gw kasih tau dapet nilai 93, sontak mereka ngasih gw selamat (untung aja ga ngasih si Slamet, hehe). Ternyata setelah cek sana-sini, nilai gw yang paling gede. Cie, jagoan juga si gw! Hahahaha. Salah seorang temen gw nanya, kok gw bisa dapet nilai segitu. Gw pun langsung jawab “Harusnya tadi pagi lo jangan mandi.”. Jawaban yang tidak rasional memang.

Ujian kedua sedikit susah. Gw mang ga nguasain pelajaran ini. Dan gw pun dapet nilai 74. Lumayan lah, masih lulus. Di ujian ini juga sama, banyak temen-temen gw yang ga lulus.

Ujian ketiga dimulai jam setengah 2 siang, karena gurunya emang orang sibuk, merangkap jadi konsultan soalnya, dan baru bisa ke sekolah rada siangan. Tapi, ujian yang ketiga ini sistemnya biasa, ga on-LAN. Tadinya soalnya mau ditampilin didepan kelas pake proyektor. Cuman gara-gara ada yang error, si gambarnya ga mau muncul. Pak Bambang pun ngebacain soal ICBL, dan kita nulis jawabannya di kertas selembar.

Soal susah banget. Kalo jaman gw smp mah, kaya soal PPKn. Semuanya keliatan bener. Ditengah gw lagi ngerjain soal, ada sms dateng dari si Mirza, minta jawaban. Dia suruh gw foto lembar jawaban gw, terus kirim ke dia lewat Bluetooth. Mentang-mentang punya hape yang bisa Bluetooth, ampe nyontek aja harus pake Bluetooth. Dasar. Tapi gapapa lah, memanfaatkan teknologi (alah).

Barang Bukti

Barang Bukti

Beres ngisi lembar jawaban, semua jawaban dituker ama temen sebelah buat dicek nilainya. Dan akhirnya gw dapet nilai 5,67 dari soal yang bener cuman 17. Gw ga lulus. Tapi gapapa lah, soalnya dua ujian pertama lulus. Not bad. Plus ujian pertama yang dapet nilai paling gede (udah, jangan diungkit-ungkit mulu. Pamer lo!). Haha.

Posted 24 September 2008 by Rizal in Blogs

Tagged with , , , ,

3 responses to “Ujian On-LAN

Subscribe to comments with RSS.

  1. Yupz…lam kenal juga yah rizal..

    blog kamu keren atuh yg paling keren..klo gw mah..masih biasa2 aja..
    o ya kalo da waktu kpan2 chat via YM yuuk..kmu da ym kan..

    yah sekedar tuker2 info2 gtu…okey,,
    btw,,aq juga dah add fs kmu..ntar dia app yah..lam kenal….

    by

    Criz_em0.com (Lampung city)

  2. haha,,
    paingan bau atuh,,
    dasar,,
    gada hub. nyah blom mandi ama jadi pinter mah,,
    da otak mah moal luntur mun dibanjur ku cai,,hha
    dasar,,
    keep blogging,,!

    ryanenciel,,

  3. anjink…

    pas aink ngetik keyword :
    +soal +icbl
    di google…

    blog kmu menempati tempat teratas…
    gila nu sering OL

    ngenah te sih jadi jelema benghar…

Leave a Reply

