Bikin themes Sony Ericsson   2 comments

Membuat tema untuk handphone Sony Ericsson terbilang cukup mudah. Dengan aplikasi pembuat tema kaya Sony Ericsson Themes Creator, kamu tinggal masuk-masukkin gambar sesuai ukuran layar dan jadilah sebuah tema. Untuk langkah-langkahnya sendiri adalah sebagai berikut.

1. Pertama kali menjalankan aplikasi ini, pilih dulu telepon yang akan kita buat temanya. Ini sangat penting, karena untuk penentuan ukuran layar. Jadi misalnya, tema untuk K750 tidak akan cocok bila dpakai di W300, karena perbedaan ukuran layar. K750 memiliki resolusi 176×220, sedangkan W300 memiliki resolusi 128×160. Untuk kasus ini, gw ambil contoh bikin tema buat K750.

2. Nah, setelah memilih telepon, baru sekarang beralih ke pembuatan tema. Di form ini ada beberapa tab, misalnya tab Standby, Desktop, Navigation, dan lain-lain. Tab-tab itu maksudnya adalah keadaan si handphonenya. Jadi ketika di tab Standby, kita mau backgroundnya gambarnya apa, tombol softkey kirinya seperti apa, dll. Cukup dengan menekan tombol import, kemudian pilih gambar yang akan ditampilkan. Tapi, satu hal yang penting adalah kesesuaian ukuran gambar. Seperti untuk keadaan stanby ini, gambarnya backgroundnya harus berukuran 176×220, sedangkan untuk gambar softkey ketika ditekan harus 176×26.

3. Setelah semua tab mulai dari Standby sampai Author diisi, kita dapat lihat preview dari hasil yang telah tadi dikerjakan.

Sekarang, yang jadi permasalahan biasanya gimana buat si ukuran gambarnya pas sama yang diminta Themes Creator nya. Untuk pengolah gambarnya sendiri, gw dirumah pake Adobe Photoshop. Caranya sendiri adalah sebagai berikut:

1. Buka Photoshop. Klik File>New. Karena akan bikin buat background standby, isi width dengan 176, height dengan 220.

Setelah itu, akan tercipta kanvas yang masih kosong berukuran 176×220.

2. Sekarang kita buka gambar yang mau dijadiin buat backgroundnya. Klik File>Open untuk membuka gambar.

3. Sekarang, sudah ada dua file yang kita buka di Photoshop, yaitu file yang masih putih untuk standby (kita sebut file 1) dan file gambar yang akan diubah ukurannya (kita sebut file 2).

4. Di file 2, select all (ctrl+a), kemudian copy (ctrl+c), dan paste di file 1, sehingga akan membuat layer baru di file 1.

5. Maximize window yang file 1. Pilih layer 1, kemudian tekan ctrl+t untuk mengubah ukuran gambar sesuai dengan keinginan kita.

6. Setelah dapat ukuran yang kita inginkan, kita tinggal save hasil kerjaan kita. Gw saranin filenya bertipe PNG, soalnya ukurannya lebih kecil, jadi ga ngeberatin hapenya.

Dibawah ini adalah tema-tema yang pernah gw bikin. Compatible buat hape SE yang ukuran layarnya 176×220. Tinggal klik gambarnya buat download.

2 responses to “Bikin themes Sony Ericsson

Subscribe to comments with RSS.

  1. Pingback: I Love My Own Theme ! « write down your imagination !

  2. bikin themes

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: