Artikulasi dan Deskripsi dari Konsonan Bahasa Inggris   10 comments

Bunyi ucapan Bahasa Inggris dibentuk dengan memodifikasi cara pengaliran udara yang dikeluarkan dari paru-paru melalui oral dan/atau rongga nasal; bunyi dibuat menggunakan jenis aliran udara seperti ini dikatakan untuk dibuat dengan menggunakan pulmonic ergressive airstream mechanism (mekanisme aliran udara yang lain dapat saja dipakai tapi tidak akan didiskusikan disini).

Konsonan, tidak seperti vokal, adalah bunyi ucapan yang dibuat dengan penyempitan vocal tract yang cukup untuk menghalangi mereka untuk berfungsi sebagai syllable nuclei (nucleus adalah “hatinya” suku kata, pembawa tekanan, kekerasan suara, informasi tinggi rendah suara dan biasanya berisi vokal). Ketika mendeskripsikan konsonan, haruslah menyediakan informasi tentang tiga aspek perbedaan artikulasi konsonan.

  1. Apakah voiced atau voiceless?
  2. Dimanakah bunyi dibuat?
  3. Bagaimanakah bunyi dibuat?

Satu per satu akan didiskusikan setelah ini.

Bentuk Glottis

Seperti yang Anda ketahui, manusia memiliki larynx (kotak suara) diatas trachea (pipa udara). Didalam larynx ada lipatan vokal atau vocal cords (walaupun sebenarnya mereka bukan benar-benar cords). Dalam diagram dibawah ini bagian depan dari tenggorokan adalah yang paling atas (bandingkan ini dengan bagian saggital dibawah). Epiglottis adalah penutup tissue yang menempel pada depan larynx dan dapat dilipat kebawah dan kebelakang untuk menutup dan melindungi lipatan vokal, yang merentang secara horizontal sepanjang bukaan tengah larynx. Lipatan-lipatan ini menempel ke tulang rawan didepan larynx tapi terpisah dibelakang; dengan membawa dua bagian akhir yang bebas bersama bukaan antara lipatan, yang bernama glottis, dapat ditutup, dan ketika lipatan-lipatan tersebut terbuka lebar glottis telah menjadi kasar membentuk segitiga, seperti yang dapat dilihat di diagram. (Bagian yang melingkar memperlihatkan antara lipatann vokal sebenarnya adalah dinding depan dari trachea, memperpanjang kebawah dibawah larynx.)

Lipatan vokal dapat dirilekskan sehingga aliran udara lewat dengan bebas. Lipatan-lipatan tersebut mungkin dapat ditutup bersama-sama sehingga mereka bergetar ketika udara melewatinya. Jika Anda membuat sebuah [s] lipatan vokal Anda akan menjadi rileks. Ketika Anda membuat sebuah [z], Anda akan merasakan getaran. Getaran ini terjadi karena getaran lipatan vokal. Bunyi dibuat dengan getaran lipatan vokal disebut bunyi voiced. Bunyi yang dibuat tanpa getaran tersebut disebut bunyi voiceless. Bunyi yang dicetak miring di pasangan-pasangan kata dibawah ini berbeda hanya dalam bunyi voiceless dalam kata pertama setiap pasangan dan voiced di yang kedua. (Penting untuk tidak berbisik ketika mengartikulasikan kata-kata ini; berbisik memiliki efek menghilangkan getaran lipatan vokal).

(a) [f] fat
[v] vat

(b) [θ] thigh
[ð] thy

(c) [s] sip
[z] zip

(d) [š] dilution
[ž] delusion

(e) [č] rich
[ĵ] ridge

(f) [p] pat
[b] bat

(g) [t] tab
[d] dab

(h) [k] kill
[ɡ] gill

Hal pertama adalah pentingnya mengatakan tentang bunyi ketika melakukan sebuah deskripsi artikulatori, kemudian, apakah itu voiced (lipatan vokal bergetar) atau voiceless (lipatan vokal tidak bergetar).

Larynx

Poin Artikulasi

Penting untuk tahu dimana bunyi dihasilkan di vocal tract: untuk memberikan poin artikulasi dalam bunyi. Ketika membaca tentang bagian dari poin artikulasi, lihat diagram dibawah.

Bagian Saggital

  • Bilabial

    Bunyi bilabial dibuat oleh kedua bibir. Ada lima bunyi yang dapat dihasilkan dalam Bahasa Inggris: [p] pat, [b] bat, [m] mat, [w] with, dan [м] where (hadir hanya dalam beberapa dialek).

  • Labio-dental

    Konsonan labiodental dibuat oleh bibir bawah dengan bagian atas gigi depan. Bahasa Inggris memiliki dua konsonan labiodental [f] seperti dalam fat dan [v] seperti dalam vat.

  • Interdental

    Interdental dibuat oleh ujung lidah dan gigi depan. Ada dua bunyi interdental di Bahasa Inggris: [θ] thigh dan [δ] thy.

  • Alveolar

    Di belakang gigi depan atas ada daerah kecil yang dinamakan alveolar ridge. Bahasa Inggris membuat tujuh bunyi di atau dekat daerah ini: [t] tab, [d] dab, [s] sip, [z] zip, [n] noose, [l] loose, dan [r] red.

  • Palatal

    Jika Anda membiarkan jari Anda menelusuri sepanjang dinding mulut Anda akan mencatat bahwa bagian depan terasa keras sedangkan bagian dalam terasa lunak. Bunyi yang dibuat di bagian yang keras di dinding mulut disebut palatal. Bahasa Inggris mempunyai lima bunyi di daerah palatal: [š] leash, [ž] measure, [č] church, [j] judge, [y] yes.

  • Velar

    Bagian lunak di langit-langit mulut dibelakang langit-langit keras dinamakan velum. Bunyi yang dibuat didekat velum dinamakan velar. Ada tiga bunyi velar dalam Bahasa Inggris: [k] kill, [g] gill, dan [ŋ] sing.

  • Glottal

    Ruang antara lipatan-lipatan vokal dinamakan glottis. Bahasa Inggris memiliki dua bunyi yang dibuat di glottis. Yang pertama mudah untuk didengar: [h] seperti high dan history. Yang kedua disebut glottal stop dan ditulis secara fonetik sebagai [ʔ](sebuah tanda tanya tanpa titik). Bunyi ini terjadi sebelum bunyi vokal di uh-oh (lihat dibawah dalam stops).

Tata Cara Artikulasi

Disamping tahu bunyi itu voiced atau voiceless dan memberikan poin artikulasi pada bunyi, penting untuk menjelaskan tata cara artikulasi bunyi, yaitu bagaimana aliran udara dimodifikasi oleh vocal tract untuk menghasilkan bunyi. Tata cara artikulasi dari bunyi tergantung pada tingkat penutupan articulator (bagaimana cara menutup bersama-sama atau membuka).

  • Stops

    Stops dibuat dengan menghambat aliran udara secara menyeluruh. Ketika mengucapkan [p] dan [b] bibir Anda tertutup secara bersamaan pada satu momen, menghentikan aliran udara. [p] dan [b] adalah bilabial stops. [b] adalah voiced bilabial stop. [t], [d], [k] dan [g] juga stop. Bagaimana Anda menjelaskan semua itu?

Glottal stop, [ʔ], dibuat oleh menutupnya lipatan vocal secara sementara. Ekspresi uh-oh memiliki [ʔ] sebelum setiap vokal. Jika Anda menghentikan setengah jalan melewati uh-oh dan menahan artikulator dalam posisi untuk setengah detik, Anda seharusnya dapat merasakan diri Anda membuat glottal stop. (Ini akan terasal seperti sebuah jepitan di tenggorokan Anda) Konsonan nasal juga stops. Lihat dibawah.

  • Fricatives

    Fricatives dibuat dengan membentuk penghentian aliran udara yang hampir sempurna. Jalur yang terbuka yang dilewati udara sangat kecil sehingga gesekan dihasilkan (sebanyak udara yang keluar dari ban yang ditusuk yang membuat suara berdesis). [š] dibuat oleh hampir perhentian udara dengan lidah dekat langit-langit mulut. Itu adalah voiceless palatal fricative. Bagaimana Anda mendeskripsikan yang lainnya? [f], [v], [θ], [δ], [s], [z] dan [ž]? Contoh: [v] – voiced labio-dental fricative.

  • Affricates

    Sebuah affricate dibuat oleh perhentian singkat aliran udara dengan sepenuhnya kemudian melepaskan artikulator secara perlahan sehingga gesekan tercipta. (Affricate dapat diingat sebagai kombinasi antara stop dan fricative.) Bahasa Inggris mempunyai dua affricate: [č] dan [j]. [č] adalah kombinasi [t] (sebuah voiceless alveolar stop) dan [š] (sebuah voiceless palatal fricative), dan dapat diingat memiliki dua poin artikulasi (alveolar untuk [t] dan palatal untuk [š]); bagaimanapun, untuk tujuan deskriptif kita hanya akan menggunakan poin ketika ia lepas, dan mendeskripsikan [č] sebagai voiceless palatal affricate. [j] adalah kombinasi dari [d] dan [ž]. Bagaimana Anda mendeskripsikan [j]?

  • Nasals

    Velum dapat dinaikkan atau diturunkan. Jika ia turun, seperti ketika bernapas secara normal dan ketika bunyi nasal, lalu aliran udara dapat keluar melalui rongga hidung sebaik melewati rongga mulut yang tidak terhambat. Ketika velum dinaikkan melawan pangkal tenggorokan (pharynx) tidak ada udara yang dapat lewat. Bunyi [m], [n] dan [ŋ] dihasilkan dengan velum yang turun dan hambatan yang sempurna di rongga mulut. Mereka disebut nasal atau nasal stop, sejak rongga mulut benar-benar terhambat, seperti oral stop. [m] dibuat oleh velum yang turun dan hambatan aliran udara yang sempurna di bibir. Untuk [n], velum diturunkan dan ujung lidah menekan alveolar ridge. [ŋ] dihasilkan oleh velum yang turun dan pangkal lidah menghentikan aliran udara di daerah velar. Dalam Bahasa Inggris, semua nasal adalah voiced. Dengan demikian, [m] adalah voiced bilabial nasal (stop); perbedaanya antara [m] dan [b] adalah velum yang diturunkan untuk artikulasi [m], tapi dinaikkan untk artikulasi [b]. Bagaimana Anda mendeskripsikan [n] dan [ŋ]?

  • Liquids

    Ketika liquid dihasilkan ada sebuah bentuk penutupan oleh artikulator, tapi kurang cukup untuk menyebabkan gesekan. [l] di leaf dihasilkan dengan menempatkan lidah di alveolar ridge dengan aliran udara keluar di sekitar samping lidah. Dengan demikian, itu disebut lateral liquid. Liquid biasanya voiced dalam Bahasa Inggris: [l] adalah voiced alveolar lateral liquid. Adalah sebuah variasi yang bagus dalam cara pembicara Bahasa Inggris membuar bunyi r; kebanyakan dibunyikan dan diartikulasikan di daerah alveolar, dan kebanyakan jenis juga membentuk ujung lidah mengeriting ke belakang untuk membuat bunyi retroflex. Untuk [r] dalam red dapat dimasukkan sebagai voiced alveolar retroflex liquid.

Nasal dan liquid diklasifikasikan sebagai konsonan. Bagaimanapun, mereka kadang berlaku sebagai vokal sehingga dapat berfungsi sebagai syllable nuclei. Dengar liquid dan nasal dalam kata-kata berikut: prism, button, bottle dan butter. Dalam kata-kata tersebut suku kata kedua terdiri dari hanya suku kata nasal atau liquid. Sehingga, nasal dan liquid berfungsi sebagai suku kata. Untuk mengindikasi karakter silabik dari nasal dan liquid tersebut, sebuah ‘,’ ditempatkan dibawah simbol fonetik.

  • Glides

Glides dibuat oleh penutupan perlahan dari artikulator. Sebenarnya, jika vocal tract lebih terbuka Anda akan membuat bunyi vokal. [w] dibuat dengan menaikkan pangkal lidah terhadap velum dan membulatkan bibir dalam waktu yang sama; itu diklasifikasikan sebagai voiced bilabial glide. (Kesamaan dalam cara mengartikulasikan [w] dalam woo dan vokal [u] dalam kata ini: perubahan yang dilakukan hanyalah lebih membuka mulut sedikit untuk [u].) [м] dibuat seperti [w], tetapi voiceless. [y] dibuat dengan penutupan di daerah palatal. Itu adalah voiced palatal glide. (Ingat kesamaan dari [y] dan [i] di ye.)

About these ads

10 responses to “Artikulasi dan Deskripsi dari Konsonan Bahasa Inggris

Subscribe to comments with RSS.

  1. makasih banyak buat penjelasannya yg rinci.. slma ini nyari ini sll pake bhsa inggris… hehehe

  2. om, yang vokalnya kaga ada ya?

  3. tulis sumbernya donk..

  4. hay… cowok

  5. uwoooo

  6. thankz y infony…sgt membantu saia dlm mengerjakan tugas saya yg bejibun… hahaha

  7. Makasih banyak. Nolong banget buat presentasi besok :D

  8. thx bnget. akhirnya besok bisa presentase..

  9. keren keren keren

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 30 other followers

%d bloggers like this: