Dimanakah Moral Kita?   Leave a comment

Islam merupakan agama yang mengatur berbagai aspek dalam kehidupan manusia, termasuk masalah moral. Indonesia sebagai negara dengan pemeluk muslim terbanyak seharusnya menjadi negara yang bermoral, lebih maju ketimbang negara-negara lainnya, termasuk negara-negara di Eropa. Tetapi pada kenyataannya, apakah bangsa Indonesia ini dapat dikatakan bangsa yang bermoral?

Dosen saya yang pernah tinggal beberapa tahun di Jerman bercerita bahwa pengalaman dia tinggal disana sungguh luar biasa. Bahkan, dia berpendapat bahwa mungkin disanalah surga dunia. Mengapa? Karena masyarakat disana sungguh beradab. Setiap orang saling menyapa, baik kenal maupun tidak kenal. Dia merasa aman tinggal disana, karena pencurian hampir tidak pernah terjadi. Bahkan ketika dia ketinggalan syal, jaket beserta seluruh isinya di dalam kereta, dia dengan mudah menemukan barang-barang tersebut kembali di keesokan harinya.

Ironis sekali jika kita lihat kehidupan sehari-hari di masyarakat kita. Dalam kasus barang ketinggalan saja, kecil kemungkinan barang tersebut dapat kembali ke tangan kita. Jangankan barang yang tertinggal, barang yang jelas-jelas berada di saku kita pun harus benar-benar dijaga, karena copet berada dimana-mana. Kejadian yang sangat menyayat hati terjadi belakangan ini terhadap para pengungsi bencana Gunung Merapi. Ternak-ternak mereka yang ditinggalkan di desa-desa dijarah oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Sungguh memalukan!

Padahal, bangsa-bangsa Eropa yang kehidupannya lebih bermoral tersebut adalah orang-orang yang sekuler dan condong kepada atheisme. Mereka lebih menggunakan rasio ketimbang agama sebagai acuan moralnya. Mereka menolak mencuri karena itu memang bukan hak mereka, bukan karena takut dosa dan akan dihukum di akhirat kelak.

Peran agama sebagai pengatur moral menjadi sebuah pertanyaan besar. Atau apakah bangsa ini sudah tidak takut lagi kepada Tuhan?

Posted 9 November 2010 by Rizal in Blogs

Tagged with , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: