Film Dokumenter Sound Of Bamboo   4 comments

Ads

Ads

Lampiran Script

2.1 Bambu… Sesuatu yang terlihat biasa – biasa saja. Padahal ada sebuah keindahan luar biasa yang terselubung di dalamnya. Keindahan suara yang begitu merdu diam – diam dimiliki oleh tanaman yang satu ini. Ada berbagai jenis alat music yang menggunakan bahan dasar tanaman yang identik dengan negeri China ini. Salah satunya adalah angklung… Tapi ngomong – ngomong apa anak – anak muda pada tau tentang alat music yang satu ini. Kita Tanya yu…
2.3 Yupz… Angklung adalah salah satu alat music yang terbuat dari bamboo. Angklung dimainkan dengan cara menggoyangkan badan angklung itu sendiri. Bunyi yang dihasilkan berasal dari benturan antara badan – badan angklung yang terbuat dari bamboo. Biar lebih jelas lagi kita Tanya langsung sama ahlinya aja yu…
3.1 Wah… Ternyata zaman dulu angklung sacral juga yach… Ga nyangka… Ternyata dulunya angklung digunakan sebagai alat untuk memuja dewi. Tepatnya dewi sri… Beliau adalah bla blab la (liat di Wikipedia Yagi… Lupa lagi uy… Gw ga punya datanya)…
3.3 Laen dulu laen sekarang… Sekarang sich angklung dah jadi hiburan buat rakyat… Biarpun mungkin masih belum semua orang yang bisa bener – bener menikmati keindahan alat music yang berasal dari bamboo ini… Dulunya sich angklung Cuma bisa dimaenin dalam laras pentatonic… Atau yang biasa temen2 kenal sebagai laras sunda yang terdiri dari nada da mi na ti la da… Tapi sekarang ini angklung sudah bisa dimainkan dalam laras diatonic atau yang biasa temen temen ketahui sebagai do re mi fa sol la si do… Daeng Soetigna, beliaulah yang memodernisasi angklung sampai jadi angklung yang sekarang ini dapat dimainkan dalam berbagai lagu internasional… Trus Pa Udjo Ngaladegna meneruskan perjuangna Pa Daeng dan mengembangkannya dalam sebuah saung angklung yang dikenal dengan nama Saung Angklung Udjo
4.1 Di saung ini kita ga Cuma bisa liat perform angklung doang… but kita juga bisa ngeliat bareng – bareng gimana sich cara bikin angklung itu… Yu kita sama – sama cari tau…
4.3 Wah… Ternyata bamboo yang digunakan ga sembarangan bamboo yach… Trus bamboonya juga harus dipersiapkan terlebih dahulu… Abis itu digimanain lagi sich Teh…
4.5 Angklung terdiri dari 3 bagian… Yang pertama casingnya, trus bagian bawah atau dasar angklung dan yang terakhir adalah tabung angklung — bagian ini adalah bagian yang akan menghasilkan suara…


5.1 Seperti yang dah temen – temen kita bilang…. Angklung tuch cara memainkannya dengan digoyang… Memainkan angklung ga susah – susah amat juga loh… Katanya sich Cuma butuh waktu 2-3 bulan untuk bisa mahir memainkan angklung… Bahkan kalau kitanya tekun Cuma butuh waktu 1 bulan aja… Ngmng2 gimana sich cara memainkan angklung yang benar… Apa Cuma tinggal digoyang gitu aja…
5.4 Wah… Ternyata angklung ga ngebosenin2 amat… Sekarang ampir semua lagu bisa dimaenin pake angklung… En lagu2 itu terasa jadi unik banget yach pas dimaenin pake angklung… Kira2 para mojang – jajaka pada tertarik gay ach maenin angklung…
6.1 Ha ha… Katanya sich mereka pada tertarik gitu dech… Tapi kita liat aja dech… Apa itu Cuma sebatas janji kosong ato mereka mank bener2 serius tertarik maenin angklung… Kita tunggu aja dech… Eh… Kita ngintip situasi performance yu… Di Saung Angklung Udjo setiap harinya selalu diadakan performance rutin setiap jam 4 sore… Performnya asik juga lho… Mulai dari anak kecil, remaja, pemuda ampe mereka2 yang dah senior ambil bagian mempertunjukan kebolehan mereka dalam bermain angklung… Ngga Cuma ampe di situ aja… Para pengunjung diajakin maen angklung bareng juga lho… Waah… Kayanya asik banget tuch… Dan para pengunjung pun terlihat begitu antusias… Bahkan mereka para wisatawan asing terlihat begitu menikmati menggoyang – goyangkan angklung mereka… Aduuhh… Kayanya kita orang Bandung harus malu dech… Masa para bule aja tertarik tapi kita orang Indonesia nyuekin angklung… Aduh… Apa kata dunia??? Bisa – bisa nanti pusat kebudayaan angklung ga ada di Indonesia lagi… Ntar klo kita mo liat perform angklung kita harus maen dulu ke Belanda or ke Spanyol misalnya… Aduh…. Amit – amit dech… Jangan sampe kaya gitu ach… Kita Tanya – Tanya yu ama para pemain2nya…
6.3 Wah… Kayanya asik juga tuch pengalaman mereka… Trus gimana yach pendapat para pengunjung tentang perform di sana…
6.4 Ha ha… Kayanya mereka dibikin terpukau n bingung banget yach… He he… Mereka semua tertarik abis ma semua yang ditampilkan di sana… Tapi apa semua orang tertarik??? Gimana yach klo misalnya kita tawarkan nonton konser Band – Band terkenal ama nonton Pagelaran angklung….. Pilihan yang sulit… Tapi kita Tanya ada dech…. Gimana yach pendapat mereka
6.6 Waduh… Cilaka nich… Kayanya angklung jadi pilihan alternative kedua nich… Klo Bandnya ga asik baru mereka mau nonton angklung… Weleh weleh… Kayanya kita semua harus lebih bekerja keras nich… Supaya anak2 muda lebih peduli n care serta tertarik ma angklung…
7 Closing belakangan dech…. Gw mo pergi dulu uy…. Buru – buru… Kemaren gw ketiduran… Cape banget nich… Tapi ntar gw beresin dech… Janji… Sry yach… Klo kalian mo bikin duluan gpp qo… Gimana kalian aja dech…. Semangat yach…

cover cd

cover cd

Posted 27 September 2008 by Rizal

4 responses to “Film Dokumenter Sound Of Bamboo

Subscribe to comments with RSS.

  1. saya sungguh tertarik dengan angklung. dalam pencarian, saya menemukan blog anda dan tahu kalau ada film dokumenter ini. kalo boleh tahu ini produksi mana ya? saya ingin sekali mengoleksi nya.
    thanks

  2. ini produksi saya sendiri, sebagai tugas sekolah, hehe

  3. saya tertarik dengan bamboo, apakah karya ini sudah di upload?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: